Selamat Datang Di Biografi Kyai Dunia Blog . Semoga Artikel Kita Bermanfaat Bagi Semuanya . Amin ^_^

Kisah Perjuangan KH. Ahmad Fauzan Melawan Penjajah Jepang


Ziarah Akbar Haul KH. Ahmad Fauzan
KH. Ahmad Fauzan dilahirkan kurang lebih pada tahun 1320 H/1905 M di dukuh Penggung, Gemiring Lor, Kec. Nalumsari. Dari keluarga Ibu Nyai Thahirah binti K. Harun bin Kyai Arif dan KH. Abdul Rasul bin Kyai Ahmad Sanwasi.

Kyai Ahmad Fauzan adalah salah satu dari lima ulama non koorperatif terhadap kolonial Belanda di kawasan Pantai Utara Pulau Jawa. Lima Ulama’ tersebut ialah: Mbah Sulaiman (Raden Ngabei Brontodiwiryo, makamnya di Jakenan, Pati), Mbah Abu Sujak, Mbah Mursidin, Mbah Bunggoro dan Mbah Ahmad Sanwasi (kakek Mbah Fauzan, makanya di Penggung dekat Bale Kambang Mayong Jepara).

Beliau berangkat dari keluarga sederhana, santun, relegius dan alami. Kondisi keluarga yang demikian itulah yang menumbuhkan berkah tersendiri bagi beliau KH. Ahmad Fauzan untuk membina keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

Pada zaman Jepang Al-Maghfurlahu mengalami penderitaan yang luar biasa, ditangkap dan disiksa oleh Jepang atas dakwaaan jajaran pamong praja Kabupaten Jepara sebagai biang kerusuhan dan kekacauan di kawasan Jepara. Kondisi ini disebut sebagai masa beliau dalam “pesakitan”. Namun karena tidak terbukti akhirnya beliau dibebaskan oleh Jepang.

Pada tahun 1945, suatu peristiwa yang menggemparkan, terjadi di wilayah Pati. Di wilayah ini para kyai berkumpul dan bermusyawarah bagaimana kiat-kiat agar tentara Jepang menyerah. Atas dasar aklamasi, para kyai menyepakati KH. Ahmad Fauzan untuk memimpin penyerangan melawan tentara Jepang. Niat yang tulus ikhlas dan tekad bulat beliau akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT, seluruh pasukan Jepang bertekuk lutut pada rakyat Indonesia di Pati.

Memasuki era kemerdekaan Al-Maghfurlahu sangat aktif pada gerakan-gerakan dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. Misalnya sebelum aksi polisi Belanda sampai di Jepara. Disamping itu, beliau sebagai figure pemimpin oleh Alm. Amin Fattah, serta beliau menggelar pengasmaan bambu runcing di halaman masjid Darussalam Saripan Jepara. Disamping itu, beliau menjadi asisten bupati yang waktu itu dipimpin Bupati Militer Mayor Ishak.

Oleh karena itu beliau menjadi incaran tentara kolonial Belanda dimana saja dan selalu dikejar-kejar. Sehingga akhirnya ditangkap di Bangsri dan dimasukkan ke dalam sel tahanan Belanda di Jepara. Baru setelah terjadi penyerahan kedaulatan dari tangan Belanda kepada Republik Indonesia tahun 1949, beliau dibebaskan dari tahanan. Setelah bebas, beliau kembali ke masyarakat dalam rangka ikut mengisi kemerdekaan. Beliau langsung diangkat oleh pemerintahan RI dan diamanati membangun serta memimpin Kepala Kantor urusan Agama Kabupaten Jepara yang pertama setelah revolusi dan pernah menjadi anggotra DPRD.

Sekalipun menjadi elit birokrat, beliau tidak pernah melupakan jati dirinya yang berdarah santri. Hal itu terbukti ketika beliau mengadakan kun jungan di kantor-kantor KUA (Kantor Urusan Agama) kecamatan pasti dibarengi menghadiri pengajian masyarakat (yang sekarang menjadi pengajian idaroh syuriah) yang diprogramkan oleh beliau melalui kepala-kepala KUA di wilayah kecamatannya. Oleh karena itu beliau memberikan persyaratan kepada setiap kepala KAU harus dapat membaca kitab kuning.

Hasil dari kegiatan pengajian rutin tersebut, pada tahun 1955 dibawah kepemimpinan Al-Maghfurlahu KH. Ahmad Fauzan dan KH. Abdur Rosyid beserta dukungan penuh solid para kyai-kyai partai NU (Nahdlotul Ulama’) Jepara mengukir kemenangan mutlak dalam pemilu RI tahun 1955. Dengan cara dan sikap integritas serta akomodatif yang dimilikinya, beliau berhasil menjalin komunikasi dengan semua pihak baik kawan maupun lawan.


Wafatnya KH. Ahmad Fauzan

Detik-detik kepergiannya ke rahmatullah, beliau masih dalam keadaan muthala’ah kitab tafsir yang kebetulan sedang disowani Alm. Abdul Hamid, seorang kepercayaan beliau sebagai bendahara/bagian keuangan ketika beliau menjabat sebagai Kandepag Jepara.

Akhirnya tepat hari Selasa, 6 Robi’us Tsani 1933 H atau bertepatan dengan 17 Mei 1972 M, pukul 11.00 WIB beliau kembali ke rahmatullah. Menjelang pemakaman, ada musyawarah yang cukup melibatkan banyak orang, ada beberapa pendangan tentang tempat pemakaman. Ada yang berpendapat sebaiknya dimakamkan di Jepara karena beliau kyainya orang Jepara, ada pula yang menginnginkan di Bangsri karena istri beliau yang terakhir di Bangsri. Sebagai jalan tengah, KH. Amin Sholeh, Allahu yarhamuh, memberikan fatwa agar keputusan pemakaman ini dekembalikan/diserahkan kepada istri beliau yang masih hidup, yaitu Ibu Hj. Mu’minah. Beliau (Ibu Hj. Mu’minah) menyarankan agar dimakamkan di Bangsri. Akhirnya semua keluarga, para tokoh dan masyarakat kaum muslimin sepakat menerima keputusan tersebut.

Akhirnya beliau dimakamkan di pemakaman Suromoyo Kedungleper Ampean Bangsri Kabupaten Jepara. Hadir ketika pemakaman, KH. Arwani Amin Kudus, KH. Abdullah Hadziq Balekambang Mayong Jepara, KH. Abdullah Salam Kajen Pati dan ulama’-ulama’ se-Karesidenan Pati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Perjuangan KH. Ahmad Fauzan Melawan Penjajah Jepang"

Posting Komentar